4 Tips Mengubah Komplain Pelanggan Menjadi Peluang Bisnis

4 Tips Mengubah Komplain Pelanggan Menjadi Peluang Bisnis – Dalam hidup sudah hal yang biasa, apapun yang kita lakukan ada orang yang disukai da nada yang tidak menyukainya. Kadang kala mendapatkan kritikan tajam dari beberapa orang mengenai apa yang kita lakukan. Baik dari cara berpikir, bertingkah laku, sampai dari cara berpakaian bisa menjadi bahan kritikan.
 
Dalam mendirikan bisnis, kita tidak akan lepas dari yang namanya komplain ataupun kritikan, terutama dari yang namanya pelanggan. Bahkan konsumen yang barupun turut menyumbang kritikan juga. Kritikan bisa beragam dan ini adalah cara untuk membangun dan bisa menjadi hal yang menjatuhkan yang bisnis yang anda dirikan.
 
4-Tips-Mengubah-Komplain-Pelanggan-Menjadi-Peluang-Bisnis
 
 
Bagi anda pemilik bisnis yang anda dirikan harus mampu menghadapi komplain dan kritikan yang datang silih berganti. Dengan mengubah komplain dan kritikan menjadi sebuah peluang agar bisnis bisa menjadi maju. Dalam artikel kali ini ada beberapa cara mengubah komplain atau kritikan menjadi peluang bisnis yang baik.
 
1. Terbuka Terhadap Saran dan Kritikan
 
Yang pertama sebagai seorang pebisnis yang ingin maju harus terbuka dengan segala kritikan dan saran dari konsumen ataupun pelanggan. Pelanggan yang tidak puas atau tidak bahagia dan tidak puas dengan pelayanan ataupun yang berkaitan dengan bisnis anda akan menjadi sumber belajar yang bagus untuk bisnis anda.
 
Kritik dan saran yang datang akan membuat anda tetap fokus pada apa yang masih menjadi masalah dalam bisnis anda yang mungkin belum anda sadari. Anda juga harus memberikan fasilitas dan akses yang mudah dijangkau bagi pelanggan bila ingin memberikan komplain.
 
2. Pelajari Saran dan Kritikan
 
Kritikan dan saran yang anda terima harus kalian saring dan diolah degan baik kemudian dipelajari dengan benar. Lalu bagaimana caranya? Ialah memperhatikan saran dan kritik apa saja yang banyak diberikan oleh pelanggan bahkan konsumen baru anda.
 
Anda sudah mengumpulkan dan mengukur dengan baik saran dan kritik apa yang sering diberikan pelanggan bisnis anda, maka anda bisa memulai untuk mempelajari penyebabnya.
 
3. Diskusikan Dengan Tim 
Sudah menemukan banyak komplain yang diberikan pelanggan, maka anda dapat mulai mendiskusikan dengan tim anda mengenai penyebab dan bagaimana untuk masalah tersebut.
 
Tidak usah ragu ataupun pelit untuk berbagi informasi dan ilmu yang anda punya. Sebab memecahkan masalah bisa lebih mudah dengan banyak kepala lebih baik dan untuk masalah tersebut dipecahkan daripada berpikir sendiri. Memiliki anggota tim, harus melibatkan semuanya dalam diskusi memecahkan masalah lalu memberikan ide terkait masalah tersebut.
 
4. Perbaiki Komplain yang Didapat
 
Melakukan diskusi tersebut anda harus menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah dari komplain yang ada.  Kalau solusi sudah ditemukan, maka segera selesaikan masalah komplain pelanggan tersebut agar pelanggan tidak kabur dari bisnis yang anda bangun.
 
Sebagai pebisnis harus memiliki sikap yang transparan, dalam artian anda bisa meletakkan masalah dari komplain  yang mungkin sering ditanyakan konsumen dalam kolom frequently asked question (FAQ). Berikan solusi yang anda lakukan dalam menyelesaikan masalah.
 
 
Itulah beberapa cara yang bisa mengubah komplain dan saran pelanggan menjadi peluang bisnis menguntungkan. Sebagai pebisnis apapun yang datang dalam bisnis baik itu masalah ataupun sebuah peluang harus digunakan sebaik mungkin untuk kemajuan bisnis.
Selamat mencoba.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat.
 
Sampai jumpa.

Add a Comment