4 Tips Memilih Endorser yang Tepat Untuk Bisnis

4 Tips Memilih Endorser yang Tepat Untuk Bisnis – Menggunakan jasa endorsement untuk mempromosikan bisnis, sudah banyak dipakai para pebisnis untuk membuat bisnis semakin berkembang. Melalui dari Instagram yang banyak kita lihat adalah banyak dari kalangan artis mempromosikan suatu produk di media sosial mereka. Tidak ketinggalan pula selebgram yang sering menerima tawaran endorse, mulai dari baju, makanan, produk kecantikan, sampai jasa traveling.
 
Hampir semua bisnis yang kita lihat saat ini menggunakan jasa endorsement dalam mengembangkan bisnisnya. Di tengah banyaknya muncul jasa endorsement, ada hal yang harus diperhatikan sebagai seorang pebisnis ketika ingin menggunakan jasa endorsement. Sebab tidak sembarangan pilih hanya dengan jumlah follower banyak belum tentu bisa dijadikan endorsement. Banyak kriteria penting yang perlu diperhatikan ketika memilih endorser.
 
 
 
Berikut 4 tips memilih endorser yang tepat untuk bisnis anda.
 
1. Followers dan Engagement
 
Hal yang perlu diperhatikan pertama kali saat memilih endorser adalah melihat history atau track recordnya selama melakukan endorsemet. Seperti sering melakukan kegiatan endorsemet, jenis produk yang dipromosikan, dan lainnya.
 
Jumlah follower yang dimiliki adalah perhatian utama juga. Bahwa dengan jumlah follower yang semakin banyak akan semakin terlihat peluang menggiurkan, sebab produk yang dipromosikan semakin banyak dikenal orang. Namun memperhatikan jumlah follower juga tidak cukup, anda harus memperhatikan engagement rate dari endorser.
 
Butuh suatu interaksi yang aktif antara endorser dan followera agar promosi bias lebih maksimal. Seperti yang anda lihat di instagram, jumlah like dan komentar dalam sebuah postingan.
 
Ada endorser A yang memiliki jumlah followers sebanyak 500 ribu dengan jumlah komentar mencapai 5 ribu akan jauh lebih di pertimbangan dibnadingakan seorang endorsen B yang punya followers 1 juta dengan jumlah komentar 3 ribu. Kenapa demikian?
 
Sebab engagement rate endorser A jauh lebih tinggi, dalam arti lain kemungkinan pengikut akan jauh lebih percaya dan tertarik atas rekomendasi produk yang di promosikan oleh endorser tersebut.
 
2. Sesuaikan Profil Endorser
 
Memilih endorser yang sesuai dengan bisnis adalah yang wajib. Seperti jika anda memilih seorang beauty influencer untuk produk kosmetik yang kita jual, atau meng-endorse seorang fashion enthusiast untuk bisnis clothing line yang kita miliki.
 
Selain memilih endorser yang relevan dengan bisnis, promosi akan terlihat lebih natural sebab bisnis anda sesuai dan memiliki background yang sama dengan endorser. Selain itu, Endorser tentu memiliki pemahaman yang lebih tentang bidang bisnis anda sebab kesamaan interest, dan ini akan semakin memudahkan kerja sama serta saat mempromosikan bisnis di media social.
 
Akan tetapi kadang jika memilih background endorser yang jauh berebda dengan bisnis anda, bias menghasilkan sesuatu yang menarik juga. Seperti , endorser yang terkenal dengan gaya yang minimalis, tiba-tiba menggunakan suatu brand yang sangat colourful. Ini akan menimbulkan suatu keterkejutan sehingga audience akan penasaran dan fokus dengan brand yang dikenakan endorser tersebut.
 
3. Sesuaikan dengan Target Pasar
 
Pastikan audience mereka sesuai dengan target pasar bisnis yang anda jalankan. Jika target bisnis anda adalah remaja 15 sampai 20 tahunan, maka carilah endorser yang masih memiliki usia remaja. Sebab dengan kisaran umur yang sama, endorser tersebut akan dinilai mampu memberikan pengaruh yang lebih kuat pada followers di media social.
 
Kegiatan promosi endorsement akan menjadi lebih maksimal dan mampu mengispirasi dan mejadi role model followersnya ketika menggunakan produk yang anda tawarkan. Ada citra yang positif serta interkasi yang  jauh lebih baik dengan audience dari endorser, membuat brand anda pun akan mendapatkan image yang juga positif.
 
4. Kualitas dan Kuantitas
 
Sebelum memutuskan meng-endorse influencer, pastikan kualitas produk anda sudah terjamin. Sebab hal ini bias membuat endorser bias memberikan review yang positif dan tulus dari hati, karena endorser tersebut bias anda ajak terus untuk bekerja sama di produk berikutnya yang akan datang.
 
Tidak hanya memiliki kualitas yang bagus, anda juga harus memastikan jumlah produk yang anda jual. Sebab biasanya, jika anda sudah memilih endorser yang tepat dan strategi endorsement yang dijalankan lancar, tidak menutupi kemungkinan pesanan akan berdatangan dengan sangat banyak. Maka pastikan untuk menyediakan stock yang cukup.
Itulah bebrapa tips untuk anda  yang ingin menggunakan jasa endorser untuk bisnis anda. Pastikan anda memilih endorser yang tepat dan sesuai dengan bisnis anda. Agar bisnis anda bisa semakin berkembang.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat untuk bisnis anda. Selamat berbisnis. Sukses selalu.
Sempai jumpa.

Add a Comment