4 Tips Branding Bisnis Semakin Terkenal

4 Tips Branding Bisnis Semakin Terkenal – Dalam era digital sekarang ini, branding menjadi hal yang penting dan banyak digunakan pebisnis agar menarik konsumen dan mereka bisa mengingat produk yang di tawarkan perlu memiliki branding yang tepat.
 
Seperti ini contohnya, ada segelas kopi susu dalam sebuah cup biasa saja tanpa branding, tidak ada logo, tidak ada design, atau tulisan di dalam gelasnya, pasti harganya 5 ribu saja. Namun di lain kedai kopi susu biasa yang sama di sajikan dalam sebuah cup yang sudah dilengkapi dengan logo, nama, tagline, dan design menarik. Es kopi susu tersebut dapat dijual dengan harga Rp 15 bahkan Rp 20 ribu.
 
Kenapa ya? Padahal sama-sama kopi susu, namun harga jual bisa berbeda-beda?
 
Jawabannya adalah pada branding yang digunakan. Strategi yang bisa digunakan untuk membangun dan membesarkan identitas sebuah merek dengan cakupan yang luas dengan harapan bisa memberikan kesan tertentu dan meninggalkan jejak dalam benak konsumen.
 
 
 
 
Berikut tips branding bisnis agar semakin terkenal :
 
1. Persiapkan Brand dengan Matang
 
Ingin berjualan produk, kenali terlebih dahulu brand seperti apa yang diinginkan masyarakat luas. Mulai dari nama dan karakteristik brand. Makna dan filosofi dari logo, design, hingga pesan, dan nilai-nilai yang ingin disampaikan kepada konsumen. Intinya brand bisa didefinisikan secara jelas.
 
Semua komposisi tersebut di konsep dan di rencanakan dengan matang. Sesuaikan juga target pasar yang akan dituju. Seperti anda memilih target pasar dengan usia remaja rentang mulai 15 tahun sampai 20 tahun-an. Maka anda harus memiliki konsep brand dengan tema milenial serta bisa menunjukkan semangat anak muda.
 
2. Terus Membuat Inovasi
 
Setiap orang suka sesuatu yang unik dan hal yang baru. Maka dari itu anda harus memperhatikannnya. Terus membuat inovasi pada produk-produk yang sudah diluncurkan dan menjadi yang berbeda dari pesaing.
 
Inovasi tidak hanya terkait dengan produk saja. Anda juga bisa melakukan inovasi melalui iklan. Buat campaign atau iklan produk kita secara menarik dan kreatif, atau bahkan sedikit nyeleneh pun tidak apa-apa, asalkan masih dalam kadar yang wajar.
 
Lakukan riset yang matang agar bisa memberikan inovasi yang matang serta memberikan pemasaran yang kreatif agar brand bisa melekat di benak dan hati konsumen.
 
3. Jalin Komunikasi dengan Pelanggan
 
Pasalnya branding adalah suatu proses untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui berbagi aspek. Lakukan interaksi dengan konsumen agar terjalin hubungan yang lebih erat.
Anda dapat memanfaatkan media sosial, seperti Instagram. Ada banyak menu yang bisa digunakan untuk menjalin komunikasi dengan konsumen.
 
Bisa menggunakan fitur polling terkait produk yang ingin diluncurkan kemudian hari, atau Q&A agar bisa mengetahui apa yang diinginkan konsumen selain itu, pastikan anda aktif di media sosial untuk memperkenalkan brand dengan rajin memposting, serta membalas pesan atau komentar dari konsumen.
 
Brand yang mampu menjalin hubungan dengan baik dengan konsumennya. Pasti akan lebih dipercaya konsumen sehingga mereka tidak ragu lagi untuk loyal pada produk anda.
 
4. Evaluasi dan Konsisten
 
Sudah menjalankan strategi bisnis, lakukan evaluasi. Apakah ada kekurangan? Lihat dari segi design ataupun logo, atau barangkali ada tagline yang menarik dan disukai konsumen. Melakukan evaluasi bisa membantu mengetahui langkah selanjutnya yang harus diambil.
 
Menjadi konsisten adalah hal yang juga haru dilakukan setiap pebisnis. Kalau dari awal sudah menyuguhkan suatu produk dengan konsep yang sederhana dan elegan, maka pertahankan. Kalau tidak konsisten, secara tidak langsung hal tersebut akan meruntuhkan kapercayaan atau trust yang telah kita bangun terhadap konsumen. Menjadi konsisten bukanlah hal yang mudah, tapi ini adalah cara yang baik untuk bisnis anda.
 
Proses branding bukan hal yang instan, tapi perlu suatu perjalanan yang cukup panjang dan pembelajaran sepanjang proses. Atau singkatnya step by step. Jika brand anda sudah menjadi prioritas dikalangan konsumen, maka saat itulah bisnis anda terasa ada hasilnya. Namun anda jangan sampai berhenti disana, terus kembangkan bisnis.
 
Itulah 4 tips branding yang bisa anda gunakan untuk membuat brand anda semakin terkenal. Semoga bermanfaat. Terus berkaya.
 
Sampai jumpa.

Add a Comment