4 Saingan Dalam Usaha Jual Pulsa yang Wajib Anda Ketahui

4 Saingan Dalam Usaha Jual Pulsa yang Wajib Anda Ketahui – bisnis pulsa adalah bisnis yang sangat mudah untuk dijalankan. Ada beberapa alasan yang membuatnya banyak dijalankan diantaranya tidak memerlukan modal besar ditambah resiko dalam bisnis ini minim. Banyak yang menjadikan bisnis pulsa sebagai bisnis sampingan maupun bisnis utama.
Seperti yang anda lihat banyak sekali konter pulsa yang berdiri disepanjang jalan yang kita lewati. Sebagai pelaku bisnis tentu akan merasakan persaingan yang ketat, kalau tidak memiliki strategi dalam berjualan pulsa maka usaha pulsa akan sepi.
Berjualan pulsa tentu memiliki keuntungan sendiri, anda bisa memakainya dengan hemat. Namun tujuan utama usaha pulsa adalah mendapat keuntungan dari hasil penjualan kepada pembeli. Jika dipakai sendiri tidak akan untung apapun meski dalam segi pemakaian pengeluarannya sedikit.
Namun jika dijual ke konsumen akan mendapatkan keuntungan setiap melakukan transaksi. Melihat persaingan yang ketat pasti banyak hal yang menjadi perbandingan dalam persaingan. Dalam bisnis pulsa ini ada 4 hal yang menjadi saingan dalam usaha jual pulsa. Sebagai penjual pulsa tentu harus mengetahuinya, berikut :
 
 
 
Harga
Pertama adalah dari segi harga yang dilihat oleh pelanggan. Banyak sekali pesaing yang memberikan harga yang rendah untuk menarik konsumen. Ini biasa terjadi pada pemula. Memberikan harga yang sedikit lebih rendah dari pesaing memang bukalah masalah. Asalkan harga yang diberikan masih memberikan keuntungan. Jangan sampai anda bersaing harga dengan melakukan penawaran harga yang sangat rendah sampai tidak memiliki keuntungan sama sekali. Cukup gunakan harga yang sudah umum di pasaran daerah anda.
Berhati-hatilah dalam menentukan harga, sebab harga bisa menjadi daya tarik konsumen untuk melakukan pembelian. Yang sudah pasti harga yang diberikan selaras dengan layanan yang anda berikan.
Pelayanan
 
Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen adalah hal yang harus diprioritaskan, seperti cepat dalam menanggapi respon komplain dari konsumen dengan cara solutif, pelayanan transaksi cepat, dan semisal membuka konter 24 jam, sebab sewaktu waktu konsumen dalam situasi darurat membutuhkan pulsa anda sudah siap.
Pastikan produk yang anda jual selalu ada stok baik dalam nominal kecil maupun besar, dan juga harga yang bersaing. Dengan menjaga ketersediaan produk, maka konsumen akan merasa nyaman dan sangat terbantu sekali. Berbeda dengan produk yang dibutuhkan konsumen tidak ada, maka konsumen akan mencari tempat lain untuk mendapatkan kebutuhannya, dan kemungkinan akan datang kembali dengan presentase 10% ke tempat anda.
Produk
 
Menambah beberapa varian produk untuk dijual dalam bisnis merupakan cara bersaing dalam bisnis pulsa. Sebab tidak semua pebisnis pulsa menyediakan pelayanan ini, seperti pulsa listrik, pulsa kuota, voucher game online dan PPOB. Dengan adanya beberapa varian produk bisa mendongkrak transaksi konsumen ke tempat jualan anda. Sebab kebutuhan konsumen sekarang tidak hanya pulsa saja namun ada beberapa varian produk yang dibutuhkan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.
 
Marketing strategi
 
Memiliki strategi pemasaran baru, baik itu secara online maupun offline dengan memanfaatkan teknologi sekarang yang semakin canggih. Memanfaatkan teknologi sekarang bisa menambah konsumen baru yang akan meningkatkan transaksi bisnis pulsa anda.
Mencari tempat strategis untuk jualan anda tapi berjualan pulsa di rumah bisa kalau belum memiliki modal yang cukup untuk mendirikan konter. Kalau sudah merasa mampu memiliki konter maka cari tempat yang banyak dilalui orang dan akses tempat yang mudah dilalui, baik kendaraan maupun orang-orang.
Membuat desain tempat jualan semenarik mungkin. Agar konsumen tertarik datang ke tempat jualan anda dan melakukan pembelian pada akhirnya.
Lakukan promosi dengan cara yang berbeda dari pesaing. Banyak model promosi yang bisa dilakukan. Seperti memberikan bonus kepada pelanggan setia anda dan lain sebagainya. Ini tidak akan membuat bisnis anda rugi, justru akan mendatangkan keuntungan dalam jangka waktu panjang.
Jangan mudah terpengaruh apa yang dilakukan oleh pesaing anda, ini bisa menyebabkan kerugian untuk usaha anda sendiri. Seperti memberikan banting harga, jika anda ikut melakukan banting harga maka anda kan mengalami kerugian. Tetap fokus pada strategi anda yang sudah anda jalankan.
Seperti itulah 4 saingan dalam usaha jual pulsa yang perlu anda ketahui. Setelah tahu, anda bisa mencari solusi untuk menanganinya. Untuk anda yang sedang berbisnis pulsa atau sedang memulai bisnis pulsa, hal ini wajib diketahui sehingga bisa memecah solusinya sehingga penjualan tidak mengalami penurunan, justru akan menjadi naik.
Saran diatas tidak harus anda lakukan semua, cukup gunakan yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Add a Comment