4 Contoh Bisnis Masa Kini Modal Kecil

4 Contoh Bisnis Masa Kini Modal Kecil – Sekarang berbisnis sudah menjadi kesadaran bagi setiap masyarakat. Namun tidak sedikit pula yang enggan memulainya sebab berbagai kendala yang ada. Salah satu kendala utama yang sudah sering menjadi alasan utama adalah urusan modal.

Namun tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar, bahkan ada bisnis yang hampir tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Dan untung yang dihasilkan lumayan besar. Untuk masalah ketersediaan modal anda bisa mensiasatinya dengan berbagai cara, selama keinginan anda kuat untuk membangun usaha.
Semua yang dilakukan memiliki resiko tersendiri, begitupun dalam menjalankan usaha. Sehingga anda membutuhkan motivasi yang kuat dan keteguhan hati untuk menjalaninya. Dengan memiliki usaha sendiri juga sangat bermanfaat untuk diri anda serta orang lain. Diantaranya :

Belajar Menjadi Bos

Membangun bisnis yang dirintis sendiri, tentu akan ada seseorang yang menjadi bos, apapun usaha yang dijalankan kecil atau besar. Apakah anda pernah mendengar kata Bob Sadino yang merupakan salah satu pengusaha yang sukses dan benci menjadi pegawai, “ Setinggi apapun jabatan seseorang, dia tetaplah hanya seorang pegawai selama masih bekerja pada orang lain”

Dengan membangun bisnis sendiri, anda tidak terikat dengan peraturan orang lain. Anda adalah pemegang kendali dari bisnis yang anda dirikan. Berbeda dengan karyawan yang harus mengejar waktu dan target dari perusahaan mereka bekerja.

Dari bisnis yang dirintis sendiri, seseorang akan belajar menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab sebab harus bisa menentukan arah usaha yang dijalaninya, serta memikirkan karyawan yang dipimpinnya.

Melalui usaha yang dirintis. Sifat kepemimpinan akan terus tumbuh seiring berjalannya seseorang yang tekun dan serius dalam usahanya.

Penghasilan yang Tidak Terbatas

Dengan menjalankan usaha sendiri orang tersebut bisa mendapatkan kesuksesan dan penghasilan yang tidak terbatas. Selama usaha yang dijalankan memiliki strategi bisnis yang tepat.

Orang yang memiliki bisnis sendiri adalah orang yang tetap memiliki penghasilan dengan jumlah yang bervariatif, semua tergantung dari cara bagaimana dia menjalankan usahanya.
Untuk pegawai yang memiliki penghasilan tetap. Mau sebesar apapun usaha dan kerja kerasnya. Penghasilannya tetap sesuai dan dibatasi oleh perusahaan.

Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan

Orang yang merintis usaha sendiri secara tidak langsung memberikan peluang pekerjaan kepada seseorang yang belum bekerja dengan menjadi karyawan di usaha yang dijalaninya.

Meski hanya seseorang wirausaha kecil, namun mereka sudah merekrut karyawan maka sudah bisa dikatakan kalau orang tersebut memiliki konstribusi mengurangi pengangguran sekaligus juga membantu perekonomian seseorang dengan menjadi karyawan.

Namun, menjadi seorang pengusaha pemula memang tidak mudah sebab masih banyak tantangan dan resiko yang harus dihadapi. Di sisi lain semua itu akan membuat hidup anda akan lebih berwarna dan menarik, terutama bagi orang yang menyukai namanya tantangan.



Dilihat dari manfaat besar yang bisa di rasakannya, semua orang memiliki potensi untuk menjalankan usahanya sendiri. Semua tinggal dari diri sendiri.



Berikut ada contoh bisnis modern modal kecil yang bisa menjadi referensi :

1.       Membuka Usaha Laundry

Membuka usaha laundry merupakan bisnis yang sudah ada sejak dahulu dan masih bisa eksis di jaman modern ini, mengingat orang semakin sibuk dengan kegiatannya sehari-hari. Anda hanya membutuhkan alat berupa mesin cuci, detergen, pengering, timbangan, setrika plastik dan perlengkapan lain.

Jasa laundry bisa menjadi prospek yang bagus sebab saat ini orang menyukai yang serba instan. Termasuk dalam hal mencuci pakaian. Sehingga memilih untuk menggunakan jasa laundry dibanding mencuci sendiri sebab menyita banyak waktu dan tenaga.

Bisnis jasa ini memberikan keuntungan yang menjanjikan serta menggiurkan dari setiap kilogram cuciannya.

2.       Usaha Cuci Mobil dan Motor

Sekarang hampir setiap orang memiliki kendaraan baik itu mobil atau motor untuk dipakai berbagai keperluan. Namun tidak semua orang memiliki waktu luang untuk mencuci dan membersihkan kendaraannya yang kotor usai dipakai.

Usaha jasa cuci motor dan mobil memiliki peluang yang cukup menjanjikan untuk ditekuni. Untuk memulai bisnis modern ini anda hanya perlu menyiapkan modal 2 juta apabila sudah ada tempat sendiri untuk memulai usaha. Modal usaha tersebut untuk membeli pompa air sampai alat pembersih yang diperlukan.

3.       Penyedia Menu Sarapan

Membuka bisnis penyedia sarapan merupakan salah satu usaha modern yang memiliki potensi besar, sebab banyaknya orang yang cenderung terburu-buru waktu untuk bekerja di pagi hari dan enggan menyiapkan sarapan. Dan akhirnya tidak sempat sarapan.

Bisnis kecil ini bisa dibilang bisnis modern mengingat jaman sekarang semua orang menyukai hal yang instan. Untuk anda yang memiliki hobi memasak serta makanan anda memang enak dan cocok di semua lidah orang, membuka bisnis ini sangat cocok. Meski banyak usaha yang seperti ini ada dipinggiran jalan. Namun anda tetap bisa membuka bisnis ini dengan berbagai inovasi dengan menyediakan fasilitas lainnya seperti jasa antar menu sarapan ke rumah atau kantor.

Anda hanya membutuhkan modal kurang lebih 3 juta dengan jam kerja yang fleksibel. Namun umumnya waktu yang bagus adalah sebelum matahari terbit untuk menyediakan berbagai menu sarapan yang bisa dijual.

Selain modal, dalam menjalankan usaha ini memerlukan pemahaman tentang cara memasak dan bagaimana mempertahankan cita rasa dari masakan anda sehingga berbeda dari para pesaingnya .



 Menjadi Reseller

Menjadi reseller berarti menjual barang orang lain untuk memperluas pemasaran. Menjadi reseller bisa dilakukan tanpa modal sedikitpun.

Yang perlu dilakukan adalah dengan menghubungi penjual utama untuk meminta izin menjadi reseller mereka. Setelah itu anda bisa memasarkan barang-barang yang dijual kepada konsumen atau melalui media sosial anda.

Anda bisa mengambil keuntungan dengan selisih harga dari penjual dan harga yang anda pasarkan. Ada beberapa jenis reseller, seperti anda mengambil barang atau membeli barang dari pnjual utama dengan harga reseller, baru dijual kembali ke konsumen.

Selain itu ada juga reseller dropship yaitu reseller yang tidak perlu membeli barang dari penjual utama dan hanya memasarkannya saja. Jika ada pesanan barang, maka barang yang akan dibeli akan diurus dan dikirim oleh penjual usaha. Reseller dropship lebih berperan seperti sales ataupun marketing dari penjual utama.

Selain itu masih banyak lagi usaha yang bisa dijalani dengan modal yang minim. Seperti jasa website development, menjadi penulis lepas yang hanya membutuhkan kreatifitas anda, dan kemampuan anda dalam bidang komputer .

Apabila anda memiliki keterbatasan modal untuk memulai usaha, bisa mensiasati dengan berbagai cara seperti meminjam dana usaha dari bank. Banyak sekali jenis pinjaman yang bisa anda manfaatkan untuk membuka usaha.

Terlebih sekarang pemerintah sudah memberikan bantuan pinjaman bagi pengusaha UKM terutama. Dan angsuran yang di tetapkan serta bunganya cenderung lebih rendah.

NB :

Ingat jika anda meminjam dari  dana pinjaman usaha untuk mengelola dengan baik dan lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnis.
Mengingat begitu banyak manfaat saat merintis usaha sendiri. Tidak ada salahnya untuk mencobanya.
Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sampai jumpa!

Add a Comment