4 Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Pascabayar

4 Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Pascabayar – Sekarang banyak rumah yang sudah menggunakan listrik. Dan sering perkembangannya ada dua jenis instalasi listrik saat ini yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Memang sekarang sudah banyak rumah yang menggunakan listrik prabayar atau pembayaran listrik dengan pulsa atau token lebih banyak digunakan saat ini, mengingat kepraktisannya.


Akan tetapi masih banyak juga yang menggunakan system pascabayar, pembayaran dilakukan setelah pemakaian selama satu bulan. Ada yang mau cek tagihan listrik pascabayar? Mudah lho caranya. Tidak harus datang ke kantor PLN yang jauh di sana atau kantor cabang yang terdekat sekalipun masih jauh dari jangkauan. Anda bisa memanfaatkan smartphone, pulsa . dan koneksi internet.


Berikut ada 4 cara mudah cek tagihan listrik pascabayar

Menghubungi customer service PLN dengan melakukan panggilan telepon yang jawabannya sudah pasti


Cara pertama, anda bisa menanyakan langsung tagihan listrik dengan menelpon CS PLN. Cara ini merupakan cara yang praktis dan sudah pasti jawabannya. Ini sangat cocok untuk anda yang malas untuk ketik HP.

Menggunakan cara ini bisa dimanapun dan kapanpun sebab call center PLN ada 24 jam dan dikenakan tarif nelpon normal.


Caranya, cukup panggil saja ke nomor CS PLN di 123, dan jangan lupa cantumkan nomer kode area wilayah, kemudian ikuti petunjuk dari operator.

Melakukan pengecekan lewat SMS, bisa mengecek tagihan selama sebulan atau berlangganan informasi tagihan tiap bulannya

Cara mengecek tagihan listrik per bulan
Kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123.
Contoh, REK 8990987689 kirim ke 8123.

Cara berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik
Kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.


Contohnya, PLN ON 987323847361 kirim ke 8123.

Cara berhenti berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik
Anda juga bisa lho berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Dengan mengirim SMS format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.


Contohnya PLN OFF 987323847361 kirim ke 8123.

Untuk mendapatkan fasilitas cek tagihan listrik melalu SMS dikenakan biaya 500 Rupiah ini belum termasuk ppn 10% per sms.

Ingin cek tagihan yang terintegrasi dengan data yang ada di PLN, lakukan pengecekan via website

Kadang pengen juga membandingkan tagihan listrik selama beberapa bulan sebelumnya dengan sekarang. Untuk mengetahuinya anda bisa melakukan pengecekan melalui website. Salah satu situs cek tagihan listrik PLN : www.cekbill.com.


Caranya:

  • Pilih navigasi Cek Tagihan Listrik PLN pada bagian kiri laman
  • Masukan ID pelanggan PLN pada kolom yang disediakan
  • Masukan kode captcha untuk verifikasi
  • Klik Cek Tagihan
  • Tagihan listrikmu akan muncul beserta status pembayarannya (sudah bayar atau belum)

Pemberitahuan mengenai tagihan listrik per bulannya juga bisa Anda dapatkan dengan mengunduh aplikasi PLN Mobile

Siapa yang tahu OLN Mobile, ini merupakan aplikasi resmi dari PT PLN lho. Menyediakan berbagai informasi tagihan listrik. Transaksi token, pemakaian KWH listrik, sampai menunjukan lokasi kantor tedekat, dan status pengaduan.

Cara cek tagihan lewat PLN Mobile:

  1. Unduh aplikasi PLN jika belum punya.
  2. Kemudian daftar set up profil untuk pengguna baru. Untuk pengguna lama bisa migrasikan atau memindahkan data ke aplikasi PLN Mobile.
  3. Masuk atau Log in kalau ingin menggunakan aplikasi ini. Jika sudah masuk, profil termasuk tagihan listrik akan otomatis tertera saat membuka aplikasi.
  4. Kalau anda masuk tanpa Log in atau tidak memiliki profil, maka klik saja “MASUK TANPA LOGIN” lalu klik ikon “Informasi” pada tab. Anda kan masuk ke halaman pilihan informasi untuk mengetahui apa yang ingin anda ketahui. Untuk mengecek tagihan anda bisa klik “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
  5. Kemudian anda akan ada tampilan pop up yang meminta informasi IDPEL (nomor pelanggan) atau Nomor Meter, lalu klik “Cari”.
  6. Jumlah tagihan listrik akan muncul.

Selain bisa digunakan untuk mengecek tagihan. Aplikasi PLN bisa digunakan untuk mengecek tagihan listrik perbulannya dengan “Info Cek Tagihan Listrik PLN” dan “Tagihan”.

Itulah cara yang bisa anda gunakan untuk mengecek tagihan listrik setiap bulannya. Mulai dari telepon, SMS, website, sampai aplikasi.


Jadi tidak perlu datang langsung ke kantor PLN atau menunggu petugas untuk melihat listrik di rumah. Sebab sekarang hampir semuanya bisa dilakukan dengan online.

Baca Juga : TIPS ISI ULANG PULSA TOKEN LISTRIK YANG HAMPIR HABIS


Semoga infonya bermanfaat.

Add a Comment