4 Cara Mendapat Pinjaman Uang untuk Modal Usaha

4 Cara Mendapat Pinjaman Uang untuk Modal Usaha – Persaingan kerja yang begitu ketat membuat para pekerja beralih menjadi membuka lapangan pekerjaan sendiri atau berbisnis. Akan tetapi mencari modal awal untuk membangun usaha bisa menjadi tantangan. Lalu bagaimana mendapatkannya? Dengan pinjaman uang untuk modal?
 
Dari awal membangun bisnis, seorang pebisnis pasti membutuhkan modal untuk mengadakan bahan baku dan memenuhi kebutuhan biaya operasional. Seperti membayar gaji karyawan, sewa listrik, air sampai untuk keperluan bahan bakar transportasi.
Modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha bukanlah jumlah yang kecil. Dan kadangkala memerlukan pinjaman eksternal untuk membantu memenuhi seluruh investasi awal bisnis. Lalu bagaimana bisa mendapatkan peminjaman modal tersebut? 
 
Berikut beberapa sumber pinjaman modal yang bisa anda pilih untuk membangun usaha anda.
 
1. Pinjaman dari Kerabat Dekat
Sebagai alternatif pertama dan yang paling mudah adalah bisa mencoba mendapat pinjaman usaha dari kerabat terdekat. Bisa mencoba untuk berdiskusi dengan mereka soal ide bisnis yang ingin anda realisasikan dan tawarkan bentuk bisnis yang paling ideal.
 
Beritahu kerabat anda mengenai prospek usaha, dan bisa membagi hasil bisnis dengan mereka. Anda bisa menawarkan keuntungan dengan jumlah tertentu seperti dengan perbadingan keuntungan 60:40, artinya 60% profit untuk Anda sebagai pengelola dan 40% untuk kerabat.
 
2. Kredit Usaha Rakyat (KUR)
 
Dari pemerintah sendiri sudah menyediakan pelayanan untuk mendukung pertumbuhan jumlah pebisnis dan peningkatan kinerja ekonomi. Dengan menyediakan fasilitas pinjaman modal usaha, yang bisa dikenal dengan sebagai Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Ini dikhusukan bagi pelaku usaha kecil, mikro dan menengah.
 
Dengan jumlah yang diajukan dalam program besar yaitu hingga Rp. 500 juta dengan bunga dibayarkan sebesar 7% per tahun. Dan waktu pengembalian juga memiliki waktu yang panjang dan tidak menyulitkan. Peminjam bisa diberi waktu mencapai 72 bulan atau selama 6 tahun.
 
3. Peer to Peer Lending (P2P Lending)
Dan cara yang satu ini bisa dibilang paling popular saat ini. P2P lending adalah konsep pengikut sertaan modal dari seseorang ke dalam suatu usaha, konsep seperti ini biasanya dikelola oleh sebuah perusahaan fintech.
 
Dengan layanan P2P ini, anda akan dipertemukan oleh banyak orang yang siap memberi pinjaman kepada anda sebagai modal usaha. Dan yang dipinjamkan sangat alternative, bahkan bisa mencapai angka 2 miliar dengan bunga pertahun sesuai dengan kesepakatan seluruh pihak.
 
Menggunakan konsep P2P bisa terbilang mudah. Selain dapat mengumpulkan modal dalam jumlah besar, prosedurnya juga bisa dilakukan secara online. Dan pihak yang terlibat tidak perlu bersusah payah untuk bertemu dan saling berkomunikasi mengenai bisnis.
 
4. Kredit Tanpa Agunan (KTA)
 
Siapa yang tidak tahu Bank Indonesia yang menjadi layanan bank paling utama di nusantara. Menyediakan program pemodalan usaha yang dapat dimanfaatkan siapa saja. KTA sudah popular dikalangan para peminjam modal usaha, sebba bunga yang diberikan sangat rendah, bahkan bisa di bawah 1% pertahun.
 
Ingin mengajukan KTA, anda tidak memerlukan asset sebagai jaminan. Cukup menggunakan beberapa dokumen pendukung KTP, NPWP dan SIUP. Bisa memenuhi kebutuhan modal mulai dari Rp. 200 juta hingga Rp. 300 juta untuk sekali peminjaman.
 
Untuk durasi pengembalian KTA memberikan senggang waktu 5 tahun. Sebelum pinjaman modal dicairkan, maka terlebih dahulu pihak bank akan melakukan verifikasi data dan validasi data. Dan bagi pengaju yang masih memiliki tunggakan di KTA sebelumnya akan sangat sulit untuk di cairkan.
 
 
Nah itulah beberapa cara untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Pilihlah sesuai dengan kemampuan dan kondisi bisnis anda. Kemudian sesuaikan hitungan semua dengan teliti dan hati-hati. 
 
Selamat mencoba. Selamat berbisnis.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat.

Add a Comment