4 Alasan Keuangan Bisnis dan Pribadi Harus Dipisah

4 Alasan Keuangan Bisnis dan Pribadi Harus Dipisah – Setiap pemilik usaha tentunya ingin usahanya terus berkembang. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus dilakukan agar semua impian itu terwujud. Seperti memisahkan keuangan bisnis dan pribadi adalah salah satu upaya penting dalam perkembangan bisnis.
 
 
 
Saat anda memiliki sebuah bisnis,maka keuangan adalah salah satu bagian penting yang mempengaruhi usaha anda. Harus tertata rapi dan transparan, pengaturan keuangan harus dikelola dengan profesional. Salah satu cara mengelola keuangan bisnis professional adalah keuangan bisnis dan pribadi harus dipisah. Kenapa seh harus dipisah, bukankah semua sama? Tentu saja berbeda, meski sama dalam wujud keuangan tapi mereka memilih peran masing”. Ada 4 alasan keuangan bisnis dan pribadi harus dipisah.
 
1. Mudahkan Perencanaan Keuangan
 
 Selalu memantau keluar masuknya keuangan perusahaan akan menjadi mudah jika anda memisahkan keuangan bisnis dan pribadi. Ini akan sangat mudah untuk menyusun laporan keuangan bisnis lebih tertata rapi. Laporan keuangan yang teratur dan rapi maka akan memudahkan anda untuk membuat perencanaan keuangan. Sehingga pengeluaran dan pendapatan perusahaan bisa dipredikisi sejak dini.
 
2. Evaluasi Kinerja Perusahaan
 
Evaluasi bisnis di lihat dari peforma bisnis. Peforma bisnis akan di nilai baik jika bisa memisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Arus keuangan perusahaan yang tercampur akan menyulitkan anda menghitung peningkatan laba dan rugi dalam bisnis anda. Melalui arus kas yang tepat anda bisa melakukan evaluasi kondisi dan kinerja perusahaan anda lebih tepat.
 
 
3. Pengambilan Keputusan Bisnis
 
Mengambil keputusan yang tepat dalam bisnis akan membantu anda memaksimalkan keuntungan perusahaan. Hal ini akan mendorong daya saing dan perkembangan perusahaan ke arah yang lebih positif. Hal ini bisa terwujud dengan perencanaan keuangan dan evaluasi kerja yang hanya bisa dilihat dari pemisahan keuangan bisnis dan pribadi.
 
 
4. Perhitungan Pajak
 
Pajak merupakan komponen penting dalam menjalankan bisnis. Pajak sendiri dihitung dari labab bersih yang diperoleh dari usaha yang dijanjikan. Bisa dibayangkan betapa kompleksnya perhitungan pajak kalau keuangan pribadi dan bisnis dicampur.
 
Maka dari itu pemisahan keuangan bisnis dan pribadi sangat penting terkait dengan persoalan pajak. Perhitungan pajak yang tidak sesuai tentu akan merugikan bisnis dari segi profit. Agar lebih mudah memisahkan keuangan bisnis dan pribadi, maka anda bisa memanfaatkan software akun bisnis, yang sudah banyak tersedia.
 
Pilih akun bisnis yang memiliki fitur bagi pengguna yang memiliki usaha untuk memisahkan keuangan pribadi dalam satu aplikasi. Adanya fitur seperti ini akan memudahkan anda untuk mengecek akun personal dan bisnis secara terpisah namun dalam satu aplikasi.
 
Pilih akun bisnis yang memiliki operasional mudah dan tidak perlu melakukan registrasi ulang.  Selain itu, pastikan anda bisa menikmati berbagai kemudahan seperti aktivasi yang praktis tanpa perlu ke bank (cukup di aplikasi), tanpa setoran minimum, dan tanpa dokumen tambahan.
 
Pastikan anda memilih akun bisnis yang memudahkan kegiatan bisnis. Seperti memudahkan segala transaksi bisnis, bisa membuat jadwal pengiriman uang sesuai dengan tanggal yang sudah di tentukan, mengatur frekuensi uang sesuai dengan waktu yang anda inginkan. Dapat melihat laporan arus keuangan keluar masuknya uang dalam preode tertentu.
 
Dapat melihat arus masuk keluar berdasarkan nominal, kategori, preode, dan tipe transaksinya. Dapat mengunduh histori transaksi bisnis melalui aplikasi tanpa harus pergi ke bank. Intinya pilih akun bisnis yang memudahkan anda mengatur segala urusan keuangan bisnis dengan efektif dan efisien.
 
Semoga informasi bermanfaat. Selamat berbisnis.
 
Sampai jumpa.

Add a Comment