3 Tips Membuka Bisnis Meski Karyawan Kantoran

3 Tips Membuka Bisnis Meski Karyawan Kantoran – Di jaman sekarang, siapa sih yang ingin terus menerus berstatus sebagai karyawan? Melihat banyaknya peluang untuk berbisnis, pasti anda memiliki keinginan setidak memiliki usaha sendiri yang kelak  bisa menjadi investasi untuk menghidupi hari tua nanti.

Terkadang keinginan tersebut terasa sulit saat status masih menjadi karyawan di kantor.  Mau keluar untuk regsin, belum tentu berani sebab resikonya akan terlalu besar. Mengingat membangun usaha membutuhkan waktu yang tidak sedikit.



Saat menghadapi dilema tersebut, bagaimana anda melakukannya secara bersamaan. Membangun bisnis sembari masih bekerja di kantor tempat anda bekerja.  Menggunakan beberapa tips di bawah ini mungkin bisa menjadi solusi yang tepat. Membangun bisnis sambil bekerja. Berikut tipsnya  :

1.Pembagian Waktu

Pekerjaan sebagai karyawan tentunya banyak menyita waktu. Selam 8 jam sehari bahkan lebih tentunya akan membuat anda merasa lelah, belum lagi di perjalanan yang kadang lancar kadang macet.

Kalau anda memang berkeinginan membuka bisnis, anda harus membagi waktu dengan baik. Artinya ada harga yang harus anda bayar, salah satunya mengurangi kegiatan yang seharusnya untuk bersenang-senang harus diganti dengan mengurus bisnis anda.

Sehari semalam anda memiliki waktu 24 jam. Dan kurang lebih 10 jam untuk mengerjakan tugas di dalam kantor serta perjalanan pulang pergi. Jadi anda memiliki sisa waktu 14 jam yang masih bisa anda atur dengan efektif.

Seperti anda menyisihkan waktu satu setengah  jam untuk makan pagi, siang dan malam. Kemudian menghabiskan waktu satu sampai 2 jam untuk melakukan ibadah. Dan masih ada sisa 10 dan setengah jam untuk dibagi mengurus bisnis, waktu keluarga, dan istirahat.

Memang akan terasa padat waktu yang anda miliki saat berencana membangun bisnis. Akan tetapi tidak ada yang tidak mungkin, susah dahulu baru bersenang-senang kemudian. Mungkin anda akan merasa kekurangan tidur dan waktu bersenang-senang. Akan tetapi jika memang benar anda bersungguh-sungguh, maka anda akan merasakan kemudahan di kemudian harinya.

2.Jangan Membicarakan Bisnis Selama Jam Kerja 

Saat anda membangun bisnis, tentu anda kan merasa bangga pada diri anda. Sehingga di benak berkeinginan untuk menceritakan hal tersebut pada orang lain, termasuk teman kantor sendiri.

Akan tetapi semua ada aturan etika. Saat anda membicarakan bisnis yang anda dirikan kepada teman kerja, maka lakukanlah saat jam istirahat atau jam di luar kegiatan kantor. Ini akan menjaga sikap profesionalitas anda sebagai karyawan dan tetap fokus pada tugas kantor yang ada.

3.Terbuka Pada Pimpinan

Sebagai pemimpin perusahaan tentunya memiliki pengalaman lebih dalam dalam menjalankan bisnis sampai bisnisnya berkembang. Saat anda berencana mendirikan suatu bisnis, anda bisa belajar dari pimpinan anda.

Anda bisa bercerita terbuka pada pimpinan anda dan meminta saran serta ilmu. Akan tetapi lakukan hal ini ketika anda mendirikan bisnis yang memiliki produk dan bidang yang berbeda dengan pimpinan anda. Anda pasti tahu alasannya kenapa harus seperti ini bukan?

Selain hal tersebut, anda bisa menyampaikan hal tersebut di luar jam kantor. Carilah waktu luang pimpinan agar bisa meminta saran dengan maksimal. Siapa tahu justru pimpinan anda berminat menanam investasi modal untuk bisnis anda.



Itulah 3 tips membuka bisnis meski karyawan kantoran. Beberapa tips di atas bisa anda terapkan untuk memulai usaha anda di tengah kesibukan kegiatan kantor. Semua butuh kedisiplinan, keuletan, tahan banting serta kesabaran menjalankannya.

Semoga informasi dia tas bermanfaat.

Sampai jumpa!

Add a Comment