3 Tips Kembangkan Usaha dengan Budget Efisien

3 Tips Kembangkan Usaha dengan Budget Efisien – Membangun usaha rintisan atau startup memerlukan langkah yang tepat dan cerdas. Maka tidak jarang berbagai pertanyaan yang mengorek bagaimana para founder startup memulai bisnis dari nol hingga sukses sampai sekarang ini.
 
Pastinya pertanyaan ini tidak jauh-jauh dari soal keyakinan atas kebutuhan pasar,  daya tahan platform yang dikembangkan, loyalitas pasar, kekompakan tim kerja, hingga soal pengembangan bisnis.
 

3 Tips Kembangkan Usaha dengan Budget Efisien

 
Apakah anda termasuk orang yang memiliki pertanyaan demikian? Berikut ada tiga langkah kembangkan usaha dengan badget efisien.
 

1.Menunda Reward

 
Maksudnya adalah sebisa mungkin menunda pengeluaran budget yang tidak terlalu berdampak langsung pada perkembangan dan percepatan pertumbuhan bisnis.
 
Saat sebuah bisnis mengalami pertumbuhan yang signifikan, paka sekali para pemilik langsung merasa cukup puas dan memulai menggunakan mode comfort zone. Yaitu langsung memutuskan untuk mulai pindah ke gedung yang lebih elite atau melakukan renovasi kantor.
 
Namun sebaiknya, ketikan bisnis sudah bertumbuh lihat kembali peta bisnis  dan target pasar yang dituju. Tunda terlebih dahulu hal yang tidak mempercepat bisnis mencapai visi utama. Yang perlu diingat adalah setiap rupiah yang dikeluarkan harus memiliki konstribusi pada pertumbuhan bisnis.
 

2. Segi Pemasaran

 
Di era yang serba digital ini semakin banyak marketing tools yang tersedia, salah satunya adalah sosial media. Jika dibandingkan dengan menggunakan metode pemasaran konvensional, pemasaran digital relative memiliki keunggulan yaitu lebih cepat, efisien, serta memiliki target yang jelas, dan bisa dipantau secara real time.
 
Setiap rupiah yang dimiliki akan sangat berarti untuk bertahan di era digital saat ini. Dalam segi pemasaran, menggunakan platform beriklan yang dapat diawasi dengan mudah, seperti menggunakan Facebook dan Google Ads.
 

3. Zero Strategy

 
Maksudnya menggunakan strategi yang bisa memperbesar kapasitas bisnis dengan zero budget. Hal pertama ialah membentuk mindset tentang apa yang dapat dilakukan untuk membesarkan bisnis, baik secara awareness maupun revenue, tanpa menggunakan budget sama sekali, alias nol rupiah.
 
Salah satu metode yang efektif untuk digunakan adalah menggerakkan user anda, baik secara online maupun offline. Pikirkanlah strategi agar user anda dapat menciptakan user baru. Seperti apakah perlu membuat loyalty program? Apakah efektif menjalankan referral program? Apakah membuat campaign yang sifatnya user-generated content masih memiliki dampak signifikan? Semua perlu anda pikirkan mana strategi yang tepat.
Itulah 3 tips kembangkan usaha dengan budget efisien. Tidak semua yang terkesan mengeluarkan budget banyak akan membuat perusahaan berkembang cepat. Melakukan secara bertahap dengan strategi yang matang maka anda akan menuai hasil yang maksimal serta bertahan dalam jangka sangat lama.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat.
 
Selamat berbisnis, sukses selalu!
 
Sampai jumpa!

Add a Comment