3 Tips Kembangkan Bisnis Anda di 2020

3 Tips Kembangkan Bisnis Anda di 2020 – Pergantian tahun bisa menjadi satu alasan semua orang melakukan perubahan, biak untuk diri sendiri atau dalam hal berbisnis. Umumnya perencanaan di awal tahun sudah menjadi hal yang krusial bagi perkembangan bisnis ke depannya.
Meski bisnis masih berdiri dengan berbagai fokus dan situasi yang berbeda, setidaknya ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan bisnis di tahun 2020 ini.
Berikut tips kembangkan bisnis di 2020 :
1. Siapkan Anggaran Untuk Pelatihan
 
Mengadakan pelatihan bisa menjadi hal yang pas untuk mengembangkan kualitas karyawan anda. Melalui pelatihan ini anda dapat terus mempelajari teknologi atau peraturan baru dalam mencapai perkembangan bisnis.
Untuk perusahaan skala menengah bisa mencapai 2 sampai 3 persen anggaran untuk melakukan pelatihan. Jika baru merintis usaha dan angka terlihat cukup besar, anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu pelatihan secara berkelompok atau mencari diskon.
2. Tentukan Tujuan yang Konkret
Memulai kalender baru bisa menjadi hal penting untuk menentukan target baru. Yang jauh lebih konkret dan dapat di realisasikan. Untuk mencapai tujuan tersebut anda bisa menggunakan indikator “SMART” yakni, Spesific (spesifik), Measurable (dapat diukur), Achievable (dapat dicapai), Realistic (realistis), Time Bound (memiliki jangka waktu).
Dengan menggunakan indikator di atas, anda bisa mendapatkan tujuan bari yang lebih relevan dan bisa di wujudkan. Seperti, jika anda berbisnis dalam bidang makanan, maka anda bisa mematok target penjualan makanan dengan inovasi baru sebesar 10 persen.
3. Gunakan Data Terpercaya dan Berkualitas
 
Data adalah hal yang penting dalam mengembangkan bisnis. Dengan berbagai teknologi yang ada saat ini, anda bisa dengan mudah untuk mengakses data yang diinginkan. Akan tetapi untuk mengembangkan bisnis secara berkualitas, anda juga perlu data yang bersifat kredibel. Data yang tidak kredibel bisa menjadi ancaman pada bisnis anda. Dengan data yang kredibel anda bisa mempelajari strategi mana yang baik untuk mengembangkan bisnis anda ke depannya.
Nah, itulah 3 tips untuk kembangkan bisnis di tahun 2020 ini. Semoga bermanfaat.
Sampai jumpa!

Add a Comment