3 Tips Bisnis Jasa Desain Website Agar Tidak Kalah Saing

3 Tips Bisnis Jasa Desain Website Agar Tidak Kalah Saing – Membuat bisnis jasa website adalah salah satu bisnis yang memiliki propek yang bagus dalam jangka panjang. Peluang bisnis ini tidak sulit untuk dilakukan, bahkan tidak harus memiliki latar belakang harus ahli informatika atau jago bidang coding.

Sebagai kaum awampun juga bisa memulai bisnis ini dengan memanfaatkan  CMS (Content Management System). Ada CMS yang paling populer yang bisa anda coba adalah WordPress.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk anda yang tertarik dalam bisnis ini , ialah menentukan target. Kalau mengincar pelaku bisnis UKM, maka website yang dibutuhkan adalah online shop atau toko online, maka anda harus menyiapkan beberapa template untuk ditawarkan ke klien. Akan tetapi kalau target anda adalah perusahaan, maka anda  harus persiapkan template premium bukan gratisan.
Kalau bicara soal dana yang diperlukan untuk membangun usaha ini tidak besar kok, namun keuntungan yang anda dapatkan bisa berkali-kali lipat.

Pertama anda membutuhkan beberapa template premium yang bisa di beli di Themforest seharga Rp 1.000.000, domain atau hosting sendiri Rp 500.000, Internet Rp 300.000, serta listrik Rp 200.000. Jadi total modal yang anda keluarkan kurang lebih 2 jutaan.

Kalau di asumsikan selama sebulan perusahaan yang memakai jasa anda untuk company profile sebesar Rp 5.000.000 dengan kesulitan yang rumit tentunya. Kemudian 5 website untuk toko online, dengan harga satu website 1.500.000. maka anda bisa mendapatkan laba selama sebulan sebesar Rp 12.500.000. Hasil yang di dapatkan tergantung dari kondisi dan kendala di lapangan.




Selain membutuhkan dana, ada beberapa tips agar bisnis jasa desain website tidak kalah saing dengan kompetitor yang lain. Berikut 3 tipsnya, sederhana tapi jika dilakoni akan memberikan dampak besar dalam bisnis jasa website anda.

1. Membuat laman website untuk promosi

Menggunakan cara ini memiliki 2 manfaat yang bisa anda rasakan. Yang pertama ialah platform promosi agar terkenal. Yang kedua adalah sebagai pembuktian kualitas jasa yang anda tawarkan atau portofolio, kalau desain website anda memiliki kualitas bagus dan tidak akan di ragukan konsumen.

2. Memberikan Harga yang Kompetitif

Pertimbangkan dengan tarif jasa yang anda berikan, jangan terlalu mahal dan terlalu murah. Anda bisa mengecek terlebih dahulu harga kompetitor bisnis anda. Jangan sampai membuat pelanggan lari karena masalah tariff yang mahal terlebih usaha anda baru dirintis dan belum terkenal.

3. Memberikan Pelayanan yang On time

Satu hal ini wajib dilakukan kalau anda sudah mendapatkan permintaan dari klien. Jangan membuat pelanggan sampai kecewa. Usahakan untuk mempertahankan kualitas dan pelayanan yang on time dan sesuai dengan pesanan. Maka dengan demikian akan makin banyak pelanggan yang datang.


Itulah 3 tips bisnis jasa desain website agar tidak kalah  saing dengan competitor lainnya. Semua butuh proses hingga menghasilkan sesuatu yang menguntungkan.

Semoag informasi di atas dapat bermanfaat.

Sampai jumpa!

Add a Comment