3 Cara Efektif Membangun Kepercayaan dalam Berbisnis

3 Cara Efektif Membangun Kepercayaan dalam Berbisnis – Berbisnis bisa diibaratkan sama dengan kehidupan yang dijalani. Memerlukan hubungan. Sementara adanya hubungan tersebut memerlukan fondasi yaitu kepercayaan.

Membangun kepercayaan membutuhkan waktu, dan itu bukanlah hal yang mudah. Kepercayaan bisa hancur seketika hanya dalam hitungan detik saja. Maka dari itu untuk membangun usaha dibutuhkan orang lain sebagai dukungan.
 
Lalu bagaimana anda membangun kepercayaan tersebut? Sangat sederhana, yakni kejujuran atau mengatakan hal yang sebenarnya. Namun, meski terlihat sederhana banyak yang sulit untuk melakukannya. Ketika anda memulai suatu hal dengan kejujuran maka akhirnya akan berhasil.
 
 
 
Situasi yang tidak nyaman yang sedang dirasakan sebenarnya bisa menjadi peluang untuk membangun kepercayaan. Maka dari itu jangan sampai menghindar dari orang lain atau rekan bisnis anda sendiri. Gunakan mereka untuk kunci atau jalan kesuksesan dalam bisnis anda.

Cara Efektif Membangun Kepercayaan dalam Berbisnis

Berikut ada tiga cara membangun kepercayaan dalam bisnis, baik itu konsumen, rekan bisnis, dan yang lainnya dapat percaya dengan bisnis anda. Berikut :
 

1. Tepati Janji dan Jujur

 
Kalau sudah membuat janji dengan rekan bisnis untuk mendiskusikan kerjasama, atau dengan calon pegawai untuk melakukan wawancara, janjian dengan konsumen tepatilah janji itu. Meski pada keadaan yang tertentu anda terpaksa tidak dapat memenuhi janji tersebut, maka jujurlah dengan keadaan dan alasan yang jelas kenapa anda membatalkan pertemuan tersebut.
 
Sebab, jika anda memutuskan membatalkan perjanjian secara sepihak, maka itu akan membuat rekan bisnis, atau calon pegawai serta konsumen merasa sangat dirugikan. Terlebih kalau janji tersebut dibatalkan secara sepihak dan secara tiba-tiba. Ini adalah hal yang membuat anda kehilangan peluang untuk bisnis.
 
Kalau memang anda harus membatalkan janji tersebut, maka anda harus bisa membangun suatu hubungan lagi untuk mengatur ulang pertemuan kembali. Agar peluang tidak pergi dan hilang begitu saja.
 

2. Mengakui Kesalahan

 
Jika anda membuat suatu kesalahan maka anda harus jujur dan mengatakan sebenarnya. Berani mengakui kesalahan dan rendah hati untuk meminta maaf atas kesalahan yang ternyata bisa merugikan orang lain.
 
Sebab anda tidak pernah tahu sejauh mana kesalahan yang anda buat. Maka dari itu anda harus meminta orang lain baik itu rekan bisnis, konsumen, dan lainnya untuk mengoreksi kesalahan itu, agar ke depannya tidak terjadi masalah yang sama. Setidaknya mencegah kesalahan terulang kembali.
Anda juga harus bertanggung jawab atas kesalahan yang anda buat, jangan hanya lepas tangan begitu saja terlebih anda melemparkan kesalahan kepada orang lain. Sebab ini akan merusak kepercayaan dalam hubungan bisnis.
 
Memang kesalahan itu bersifat universal, dan ada batasan tertentu juga tidak dapat dihindari. Kesalahan bisa terjadi setiap saat, tentu semau orang akan mengerti hal tersebut. Seperti itulah anda merespons mereka yang penting di mata orang lain.
 

3. Terus Terang Tentang Motif Anda

 
Banyak perusahaan yang berdiri dan memiliki banyak pegawai. Akan tetapi banyak kasus karyawan yang mengundurkan diri secara tiba-tiba. Dan begitu pula sebaliknya Bos tiba-tiba memutuskan kerja pegawainya tanpa ada alasan yang jelas. Ini akan membuat orang bersangkutan merasa kecewa dan tentunya kaget dengan keadaan yang berubah drastis tersebut.
 
Kalau anda menjadi Bos dalam sebuah perusahaan maupun menjadi pegawai, maka harus berani menjelaskan alasan keluar anda dari pekerjaan tersebut atau ingin memecat pegawai tersebut.
Dengan cara ini anda menjaga kepentingan terbaik mereka. Tidak ada cara yang lebih baik untuk membangun hubungan  dalam jangka panjang yang berhasil.
 
Saat anda memutuskan untuk pergi dan pindah kerja dari pekerjaan anda saat ini, anda harus menyediakan alasannya. Bos pasti akan menghargainya, dan dengan melakukan hal itu, anda bisa mempertahankan kemungkinan bekerja sama di masa depan yang akan datang.
 
Itulah 3 cara membangun kepercayaan dalam bisnis anda. Menjaga hubungan sangat penting untuk keberlangsungan bisnis anda sendiri. Maka dari itu sama seperti kehidupan anda harus menjaganya sebaik mungkin. Hubungan adalah hal yang penting dalam segala aspek. Menjaganya sama seperti anda menjaga hal yang berkaitan dengan kehidupan anda.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat.
 
Sampai jumpa!

Add a Comment