3 Alasan Usaha Sampingan di Desa Lebih Menguntungkan

3 Alasan Usaha Sampingan di Desa Lebih Menguntungkan – Masih banyak sebagian orang yang enggan memulai usaha sampingan. Bukan hanya karena modal akan tetapi tempat yang bisa menghasilkan keuntungan maksimal. Banyak yang berpikir kalau kalau membangun usaha lebih menguntungkan dilakukan di perkotaan atau tempat yang padat penduduk memiliki mobilitas yang tinggi.
 
Namun membuka usaha di desa juga sama menguntungkan. Memang tempat menjadi penentu faktor keuntungan salah satu dalam bisnis. Namun tidak menutup kemungkinan berbisnis di desa mendatangkan keuntungan yang fantastis.
 
Kalau anda sedang mempertimbangkan untuk memulai usaha atau mencari peluang bisnis yang menguntungkan, anda bisa membangun usaha sampingan di desa anda sendiri. Kenapa? Apa masih ragu? Sebenarnya banyak keuntungan dan manfaat membangun usaha sampingan di desa.
Berikut :
 
 
1. Sedikit Kompetitor
 
Kalau dari sisi competitor atau pesaing, di perkotaan justru lebih banyak dari pada di desa. Karena pola pemikiran yang menurut mereka membuka usah di perkotaan jauh lebih menguntungkan dari  pada di desa. Dan menjadikan sedikit orang yang membuka usaha di desa jumlahnya lebih sedikit dibandingkan di kota.
 
Ini bisa menjadi peluang besar untuk membuka usaha sampingan. Dan ini bisa membuka keuntungan untuk anda, anda bisa menghitung sendiri jika seluruh desa menjadi konsumen usaha anda.
 
2. Modal yang Tidak Besar
 
Ya, memang kemungkinan anda akan mendapatkan omset lebih tinggi saat membangun usaha di perkotaan. Akan tetap biaya hidup di kota terbilang mahal. Berbeda dengan usaha di kota mungkin yang dihasilkan lebih rendah akan tetapi ini seimbang dengan biaya hidup yang jauh lebih murah.
Dan tentunya ,membangun usaha di desa jauh lebih murah dibanding di perkotaan. Namun hal ini akan berbeda jika anda membangun usaha sampingan di desa bisa menjadikan anda sebagai oaring yang tidak konsumtif.
 
Setidaknya jika ingin rekreasi atau belanja tidak menghabiskan uang belanja anda. Dan hasil dari penjualan bisa anda tabung untuk keperluan yang jauh lebih penting.
 
3. Masyarakat yang Lebih Akrab
 
Dalam poin ini kedekatan anda dengan masyarakat yang terjalin bisa menjadi wadah promosi yang efektif. Anda akan lebih mudah melakukan penjualan apabila sudah cukup kenal dengan konsumen potensial yang anda tuju.
 
Selain itu anda akan sering didatangi pelanggan yang turut serta membawa teman mereka atau keluarga merak yang bisa saling ngobrol. Ini tentu akan lebih mudah dalam melakukan penjualan sekaligus mempererat hubungan antara penjual dan pelanggan.
 
Peluang Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan
 
 
 
 
 
1. Ternak atau Budidaya Hewan
 
Adanya lahan kosong yang tidak terpakai bisa anda sulap menjadi tempat budidaya hewan yang memungkinkan menjadikan peluang bisnis.
 
 Ada beberapa hewan yang bisa dijadikan hewan ternak untuk usaha sampingan anda seperti ayam, lele, atau belut. Memang anda membutuhkan modal yang lebih besar untuk membangun bisnis ini.
Selain itu anda membutuhkan lahan yang cukup, memerlukan modal tambahan untuk membangun kandang atau kolam untuk dijadikan tempat hewan ternak. Dan perlu biaya perawatan untuk hewan ternak tersebut.
 
Dibalik modal besar yang anda keluarkan tidak menutup kemungkinan, anda kan balik modal berkali-kali lipat lebih besar dari keuntungan yang di dapat.
 
2. Warung Kelontong
 
Warung kelontong adalah usaha yang cocok didirikan di desa. Pasalnya barang yang di jual adalah barang kebutuhan pokok masyarakat setempat. Dan ini akan menghasilkan yang jauh lebih besar dari modal yang dikeluarkan.
 
Tidak punya lahan? Tidak perlu lahan juga anda bisa membuka warung kelontong di rumah anda sendiri. Bisa memanfaatkan terasa rumah atau halaman rumah anda yang luas itu. Cuku bermodalkan etalase atau rak untuk meletakkan barang. Untuk mengisi toko, anda bisa mencarinya di toko grosir yang menjual aneka barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah.
 
Adanya warung kelontong ini akan membantu masyarakat, khususnya bagi mereka yang malas berjalan jauh ke pasar atau super market. Dan tiba-tiba kebutuhan mendadak.
 
3. Jualan Pulsa
 
Sekarang masyarakat sudah menggunakan ponsel pintar di tangan mereka.  Akses internet yang kian meninggi penggunaannya membuat bisnis pulsa adalah hal yang cocok untuk didirikan. Berbisnis pulsa dan kuota tentunya hal yang anggak akan ketinggal jaman. Sebab daya konsumsi pulsa dan kuota masyarakat bisa dibilang tinggi. Karena untuk berkomunikasi dengan saudara, teman, atau  keperluan main di sosmed.
 
Kalau ada ide bisnis sampingan di desa anda tidak memerlukan modal yang besar. Hanya perlu memiliki jaringan yang kuat serta modal saldo yang cukup tidak mencapai satu juta. Kemudahan yang ditawarkan dalam berjualan pulsa bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, tidak perlu membuka toko. Cukup degan hp pintar anda sudah menjadi toko yang simple untuk jualan pulsa. Terlebih sekarang sudah banyak aplikasi jual pulsa yang bisa anda gunakan dengan mudah.
Kesimpulannya, membangun bisnis di desa juga tidak kalah menguntungkan dibanding berbisnis di kota. Bahkan anda bisa merasakan sejumlah manfaat yang belum tentu anda bisa dapatkan di kota.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat.
 
Sampai jumpa.

Add a Comment