3 Alasan Pricing Menjadi Penting Dalam Bisnis

3 Alasan Pricing Menjadi Penting Dalam Bisnis – Saat memulai bisnis apapun itu, menentukan harga tau pricing menjadi aturan terakhir rancangan bisnis anda. Ada yang beranggapan harga bukanlah pertimbangan yang penting untuk bisnis baru. Banyak yang menilai bahwa harga hanyalah perhitungan biaya produksi di tambah keuntungan. Atau bahkan hanya sebagai persaingan bisnis.
Sebaiknya ubah pola pemikiran tersebut. Berikut ada beberapa  cara menentukan harga yang bisa menguntungkan bisnis anda.
1.Harga adalah keuntungan pelanggan
 
Banyak orang hanya memikirkan margin dan untungnya dalam menetapkan harga dalam memulai usaha. Lupa memikirkan apakah harga barang yang kita berikan menguntungkan bagi calon pembeli.
Dalam hal harga biasanya membuat pelanggan merasa harga yang anda tawarkan untuk produk Anda tidak menguntungkan bagi mereka. Seperti membeli tas, baju, produk brand mereka tidak akan merasa rugi membeli dengan harga mahal, asalkan produk tersebut asli dan tidak barang imitasi juga memberikan manfaat yang baik untuk mereka.
Untuk menentukan harga pastikan dulu barang anda memiliki keuntungan untuk pembeli atau pelanggan.
2. Harga adalah informasi untuk pelanggan.
 
Menentukan harga bukan hanya sekedar angka. Namun harga juga harus dapat menyampaikan informasi mengenai produk yang akan dijual. Harga yang lebih tinggi biasanya pembeli akan
Harga bukanlah sekedar angka. Namun anda juga harus memberikan informasi mengenai produk yang anda jual. Harga yang lebih tinggi biasanya pembeli akan berhadapan pada produk yang memiliki kualitas yang bagus kalau ada produk yang berharga mahal namun diturunkan nilainya maka calon pembeli akan menaruh tanda tanya besar mengenai kualitas yang dimilikinya.
Seperti  iPhone 11 yang harusnya Rp 13 juta kemudian tiba-tiba dibanderol harga Rp 6 juta otomatis orang akan mempertanyakan produk yang anda jual. Sebab harga yang di tawarkan lebih dari setengah harga asli.
Apakah menurunkan harga adalah hal yang salah? Tidak ada yang salah asalkan masih dalam hal wajar dan tidak membuat pembeli bingung.
3. Harga ditentukan oleh pembeli
 
Prinsip menetapkan harga dalam bisnis, bukan dari diri sendiri namun dari pasar. Harga yang terlampau tinggi akan mengurangi penjualan, namun harga yang terlalu rendah bisa menaruh kecurigaan. Harga yang baik didasarkan pada nilai yang di harapkan oleh pembeli ketika belanja, dan umumnya pembeli tidak memperdulikan harga yang di tawarkan.
Nah, bagaimana setelah tahu betapa pentingnya dalam menentukan harga dalam bisnis di atas.
Semoga bisa menjadi manfaat dalam bisnis anda.
Sampai jumpa.

Add a Comment