10 Kesalahan Dalam Memulai Usaha Oleh Pemula

10 Kesalahan Dalam Memulai Usaha Oleh Pemula – Kalau ingin bertahan dalam berbisnis, maka anda harus tahu mana yang bisa membuat usaha anda bertahan dan terus berkembang untuk seterusnya. Dan juga menghindari kesalahan dalam memulai usaha.
Hal ini kerap disepelekan, terutama yang baru saja memulai usaha. Ini sangat umum terjadi dan tidak pernah disadari. Maka dari itu anda yang sedang menjalankan usaha atau yang sedang memulai usaha sebaiknya perhatikan beberapa kesalahan umum yang sering terjadi :
1. Memilih Bisnis yang Salah
 
Dalam memulai bisnis, tentu menentukan bisnis yang dijalankan gampang susah. Karena jika memilih bisnis yang asal-asalan atau hanya sekedar mengikuti trend berbisnis.
Usaha yang anda jalankan akan sulit untuk berhasil kalau anda memilih bisnis yang anda sendiri tidak tahu bisnis tersebut, tidak menimbulkan rasa semangat untuk menjalankannya, dan lebih buruk lagi usaha tersebut bukan bidang yang anda senangi.
Akan banyak resiko yang dihadapi,mungkin dari pesaing. Dan kesempatan untuk berhasil memiliki persentase yang sangat kecil. Pastikan anda memulai usaha yang sesuai dengan passion anda.
2.Kurangnya Visi
 
Tidak memiliki visi jangka pendek maupun jangka panjang yang jelas untuk bisnis anda, kemungkinan anda kan mengalami kegagalan. Anda harus tahu jelas apa yang dicapai dari bisnis yang dijalankan. Tanpa adanya visi yang jelas bisnis tidak akan berkembang dan tumbuh.
3. Salah Dalam Menetapkan Harga
 
Memasang harga tinggi pada produk yang anda jual, tidak akan ada pembeli yang datang. Sebaliknya jika harga yang ditetapkan terlalu rendah, maka anda akan rugi. Jadi pastikan untuk memperhitungkan harga yang ditetapkan, sembari memutuskan strategi apa yang akan anda gunakan. Selain itu hitung biaya lainnya dan menentukan harga yang akan memengaruhi bottom –line.
4. Meremehkan Sumber Daya dan Modal
 
Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pengusaha ketika memulai bisnis adalah membuat asumsi yang tidak sejalan dengan bisnis yang akan dijalankan. Baik itu arus kas, keuangan untuk proyeksi. Saat anda memulai bisnis luangkan waktu untuk memastikan bahwa anda sudah tahu persis berapa biaya yang dibutuhkan bisnis dan apakah anda memiliki modal yang cukup untuk itu.
5. Mencoba Untuk Memulai Bisnis Dengan Uang Terlalu Sedikit
 
Bertanya pada diri sendiri. Apakah anda bisa menghidupkan bisnis ini? Kalau anda tidak tahu sendiri bagaimana dan dimana untuk mendapatkan uang yang anda butuhkan. Tidak memiliki uang tunai yang cukup untuk bisnis anda, kemungkinan besar usaha anda akan berakhir gulung tikar.
6. Tidak Memiliki Model Bisnis yang Kuat
 
Jika anda tidak memiliki pemahaman yang jelas bagaimana bisnis akan menghasilkan uang, kemungkinan besar bisnis akan gagal. Anda harus tahu jalur dengan jelas untuk menghasilkan pendapatan untuk bisnis anda.
7. Gagal  Mempekerjakan Orang yang Tepat
 
Produktifitas kerja tim anda akan membuat perbedaan besar dalam bisnis anda. Banyak pengusaha yang sukses dengan mempertimbangkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai kunci keberhasilan mereka. Carilah orang yang berbagi semangat dan visi. Mereka siap untuk berkomitmen sepenuhnya dalam bisnis anda.
8. Salah Kelola (Mismanaging) Bisnis
Membangkitkan bisnis untuk berhasil dan mengelola bisnis merupakan dual hal yang berbeda, anda harus menetapkan tujuan dan arah yang jelas karena bisnis anda perlu melihat peluang, pastikan arus keuangan memadai, menjaga karyawan tetap termotivasi dan bahagia. Mengelola pasang surut ekonomi.
9. Gagal Untuk Menangani Pertumbuhan
 
Bisnis yang berkembang baik, kalau si pengelola bisa menangani pertumbuhan dengan benar. Operasi bisnis bisa berantakan kalau anda tidak tahu bagaimana cara menangani peningkatan pelanggan, saluran ditribusi baru, atau peluang mendadak untuk bisnis.
10. Melawan Keinginan Untuk Meminta Bantuan
 
Kebanyakan orang biasanya tidak meminta nasihat dalam memilih bisnis, baik mereka yang terlalu senang atau takut orang lain mencuri ide anda. Tidak mau mencari bantuan tersedia di luar. Ini akan membuat bisnis anda berakhir, sebab anda takut mencari bantuan di luar sana yang cukup berpotensi membuat bisnis anda maju dan berkembang.
Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.  Selamat mencoba dan sukses selalu.
Sampai jumpa.

Add a Comment