10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Efektif

10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Efektif – Pemasaran produk menjadi hal yang penting dan menentukan kekuatan pemasaran dalam sebuah perusahaan. Memiliki strategi yang bagus untuk memperkenalkan produk secara luas ke masyarakat.

Jika produk tidak dikenal masyarakat tidak ada gunanya meski produk tersebut merupakan produk yang bagus dan berkualitas. Jadi pemasaran yang tepat juga menentukan kesuksesan produk tersebut laku atau tidak.

10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Efektif

Nah, berikut ada contoh strategi pemasaran produk yang bisa di terapkan untuk memulai bisnis.

Ketahui Target Pasar Anda

Harus tahu dan mengenal dengan betul pasar bisnis sendiri. Kuasailah target pasar. Langkah pertama, melakukan riset siapa yang akan menjadi target pasar nanti. Semakin spesifik target pasar maka akan semakin berpeluang untuk kesuksesan penjualan produk. Menargetkan produk pakaian perempuan maka targetkan perempuan dengan spesifikasi seperti apa yang menjadi target. Remaja, atau dewasa.

Menggunakan Social Media

Sudah pasti sepakat ya, kalau media sosial adalah alat yang efektif untuk memasarkan produk. Karena anda bisa menjangkau semua konsumen dengan latar belakang yang berbeda. Seperti anda menggunakan instagram, atau facebook. Bisa menjalin interaksi yang luas dari berbagai kalangan, dengan biaya murah dan terlihat profesional. Menggunakan perusahaan mengungkinkan memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk sehingga peluangnya besar untuk terjual.

Bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk. Cara ini sudah banyak digunakan. Membiarkan pengikut mereka mengetahui produk anda dari influencer tersebut. Karena banyak sekali jenis influencer. Influencers yang dimaksud adalah mikro, makro, brand ambassador, dan evangelist/brand advocates. Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan promosi anda.

10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Efektif

Menawarkan Produk Secara Gratis

Ini adalah cara yang ampuh karena sesuatu yang gratis sangat sulit untuk dilewatkan. Kenapa perlu menggunakan cara ini? Karena sering kali konsumen untuk membeli sebuah produk baru apalagi belum mencobanya. Anda juga bisa membuat event atau langsung menawarkan sample dan contoh gratis secara door to door kepada calon konsumennya.

Kalau menawarkan produk jasa atau pelayanan maka anda bisa menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen mengetahui sebuah produk

Memilih Tempat Strategis

Ini yang paling sensitif kalau anda mempertimbangkan tempat untuk berjualan. Strategi yang ampuh adalah tempat yang strategis yang membuat produk menjadi terlihat lebih tinggi dan menimbulkan penjualan yang tinggi. Kriteria tempat yang strategis harus menyesuaikan dengan target sasaran dan kemudahan dalam menjangkaunya. Seperti memutuskan untuk menjual kebutuhan atau perlengkapan sekolah, maka bisa berjualan di dekat pusat pendidikan seperti kampus. kalau bisa di tempat dekat dengan sekolah lebih bagus lagi.

10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Efektif

Memberi Insentif untuk Rekomendasi

Produk akan terlihat bagus kalau ada yang merekomendasikannya. Maka dari itu perlu testimoni dari konsumen yang sudah memakai produk tersebut. Anda harus memberi penghargaan berupa insentif yang menarik. Tidak harus berupa uang, anda bisa memberi produk dengan potongan harga tertentu. Dengan begini secara tidak langsung memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing, konsumen yang loyal dan calon konsumen.

Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Konsumen yang loyal merupakan aset dalam pemasaran produk. Mereka secara langsung berulang kali membeli produk anda dan menyumbang pemasukan secara rutin. Kalau tidak mau kehilangan sebuah pembelian, baik itu di tengah kesibukan persaingan produk yang serupa, tidak ada salahnya memberi penghargaan kepada konsumen. Dengan menanggapi masukan konsumen maupun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang dilakukan. Efektif dalam pemasaran produk makanan karena jenis ini mengandalkan loyalitas pembelinya untuk bertahan di dunia bisnis.

10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Efektif

Mulut ke Mulut

Ini nih, yang tidak akan pernah terlewatkan. Promosi dari mulut ke mulut sangat menguntungkan kalau konsumen merasa puas dan merekomendasikan kepada yang lainnya. Memberi tahu konsumen lainnya yang memiliki kemampuan membeli produk tersebut.

Menjajal program afiliasi

Pemasaran lewat afiliasi memungkinkan menggunakan cara promosi produk ke target pasar melalui partner yang terpercaya.

10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Efektif

Membuat video tutorial

Video tutorial juga bisa dijadikan alat pemasaran. Seperti jika anda memasarkan suatu produk yang menuntut untuk memberikan tata cara mulai awal sampai hasil akhirnya. Ini bisa menjangkau pelanggan di berbagai tahap customer journey.

Blog dan SEO

Cara ini banyak digunakan untuk memasarkan produk. Kalau anda menginginkan pelanggan yang organik, menggunakan cara ini efektif. Mendidik calon pelanggan yang potensial dengan informasi bermanfaat.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk Makanan yang Efektif

Strategi pemasaran sangat di perlukan agar produk dapat terjual dan dikenal luas. Mendapatkan banyak konsumen juga tentunya. Anda fokus hal ini maka penjualan semakin meningkat.

Semoga bermanfaat.

Add a Comment